Kamis, 27 September 2012

Sejarah Internet




Saat ini bukanlah hal yang aneh jika kita melihat anak kecil atau bahkan orang tua melakukan aktifitas yang menyangkut dengan jasa dan perkembangan pada dunia internet, mulai dari membeli barang, bermain permainan online, bahkan melakukan transaksi pengiriman uang dengan menggunakan jasa internet. Internet telah mengusai dunia dengan segala fasilitasnya yang membuat manusia dapat mengerjakan berbagai kebutuhan dalam waktu yang singkat. Tapi taukah kamu sebenernya apa itu internet dan bagaimana internet tersebut dapat dikenal dan digunakan orang seluruh masyarakat diseluruh dunia? 
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di situlah mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga dengan menggunakan saluran telfon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP(Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Proyek in dibuat untuk kebutuhan militer, yaitu untuk menghubungkan jaringan-jaringan komputer di titik-titik vital untuk mengatasi jikalau terjadi serangan nuklir, sehingga terhindar dari informasi terpusat, dan menjadi mudah untuk dihancurkan. Awalnya ARPANET hanya menghubungkan 3 situs saja yaitu stanford research Institute, University of california, santa Barbara, dan University of utah. Dan pada tahun 1969 mereka membuat satu jaringan terpadu. Sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Rov Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. program e-mail ini begitu mudah sehingga dengan sejekap kilap menjadi sangat populer.Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti universitas-universitas. Gabungan kedua jaringannya akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi internet. Komputer yang mebentuk jaringan semakin hari semakin semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan Pada Tahun 1982 dibentuklah Transmission Control Protocol atau TCP dan internet protocol atau yang biasa kita kenal dengan sebutan IP. Di tahun 1992, komputer yang aling terhubung itu membentuk suatu jaringan yang sudah melampaui sejuta komputer dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Thun 1994, situs internet menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di dunia internet. Dan pada tahun yang sama ini pun terlahirlah Yahoo! yang juga sekaligus kelahiran dari Netscape Navigator.
Demikianlah sejarah singkat tentang bagaimana internet dapat lahir di tengah-tengah kehidupan  manusia, dan hingga saat ini dapat kita nikmati dalam kehidupan kita sehari-hari. Tidak ada yang menyangka sebuah teknologi besar justru terlahir  dalam situasi yang genting bukan dalam situasi yang tenang ataupun baik-baik saja, sebuah situasi perang yang biasanya hanya akan menghasilkan sebuah kerusakan dan kerugian besar. Teknologi internet adalah teknologi yang dapat menyatukan berbagai macam informasi serta memberikan manfaat yang tidak terkira.





Sumber: http://www.terindikasi.com/2012/04/sejarah-perkembangan-internet-dunia.html#ixzz27jgbBvSh
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet
http://riyn.multiply.com/journal/item/78/SEJARAH-INTERNET-DUNIA?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem
http://www.anneahira.com/sejarah-internet.htm
http://www.terindikasi.com/2012/04/sejarah-perkembangan-internet-dunia.html
http://members.tripod.com/octa_haris/internet.html
http://www.anneahira.com/sejarah-internet.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar