Sabtu, 29 September 2012

Internet service provider

Dalam pengoperasian internet kita membutuhkan jasa Internet Service Provider. adapun pengertian dari Internet service provider adalah sebagai berikut :


Internet Service Provider adalah sebuah perusahaan atau badan usaha yang fokus usahanya adalah menyediakan koneksi internet dan apapun yang menyangkut dengan bidang internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke internet, pendaftaran nama domain dan posting. ISP ini mempunyai jaringan yang baik, baik dalam lingkup domestik maupun internasional.Hubungan ini biasanya dibagi menjadi dua kategori: modem (dial-up) dan jalur lebar. Hubungan dial-up sekarang ini banyak ditawarkan secara gratis atau dengan harga murah dan membutuhkan penggunaan kabel telepon biasa. Hubungan jalur lebar dapat berupa ISDN, non-kabel, kabel modem, DSL, satelit. Broadband dibanding modem memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat dan selalu on, namun lebih mahal. Untuk di Indonesia hal ini ditangani oleh APJI (Asosiasi Penyedia Jasa Internet). Peusahannya biasa disebut ISP (Internet Service Provider). Hal-hal yang biasa dilakukan oleh ISP tersebut ialah pemberian IP Address (alamat IP) publik kepada para pelanggannya beserta perihal pengaturan bandwidth. Adapun untuk perkembangannya, ISP sat ini sudah bisa menggunakan fiber optic (tanpa kabel), penggunaan ISP tanpa menggunakan kabel banyak digunakan di daerah denpasar bali.
Adapun tips-tips yang daapt saya bagi untuk membantu anda dalam memilih ISP yang baik adalah sebagai berikut :

1.  MEMILIKI JUMLAH PELANGGAN YANG BANYAK 
ISP yang memiliki pelanggan yang sudah cukup banyak, biasanya sudah dapat dipastikan merupakan ISP yang baik sebab sudah banyak orang yang mempercayakan koneksi internet mereka kepada ISP tersebut

2. PERHATIKAN PELAYANANNYA 
 Pastikan saat anda mengalami gangguan ISP tersebut dapat melayani nya dengan baik serta dapat memberikan jasa yang memuaskan anda, sebab hal ini juga akan berpengaruh pada kelancaran koneksi internet yang akan anda terima nanti.

3. ADANYA SISTEM REDUNDANCY
Redundancy disebut juga dengan sebutan koneksi cadangan. Dimana koneksi ini akan berfungsi jika koneksi utama mereka mati. Sangat penting, seperti kondisi saat kabel FO dunia di Taiwan putus, kalau ISPnya tidak memiliki koneksi cadangan yang bagus, maka dipastikan selama 3 minggu koneksi anda tidak akan bisa digunakan.

4. HARGA
Jangan mudah tergiur dengan ISP yang menawarkan jasa dengan biaya yang murah, sekalipun murah anda harus tetap memperhatikan perbandingan jasa yang akan anda terima dengan biaya yang anda keluarkan. jangan sampai anda mendapatkan layanan dengan hargaa yang murah namun layanan yang diberikan juga buruk atau sebaliknya anda membayar mahal namun pelayanan yang diberikan tidak sepadan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar