Minggu, 14 Oktober 2012

Internet addiction






Pernah kah kamu merasa bahwa setiap harinya kamu harus berada di depan komputer dan melakukan kegiatan online sepanjang hari?

merasa resah dan gusar bila tidak terkoneksikan dengan koneksi internet atau melakukan kegiatan di dunia maya walaupun itu cuman beberapa saat saja?
Sean Parker – salah satu tokoh penting berdirinya Facebook – suatu ketika pernah berkata pada Mark Zuckerberg; “Zaman dahulu manusia hidup di desa, zaman sekarang manusia tinggal di perkotaan, dan di masa depan mereka akan menetap di internet.”
Saat ini bukan hal yang tidak mungkin lagi hal ini akan terjadi pada diri kita, sebab saat ini segalanya bisa kita akses melalui interenet. Internet merupakan sarana yang sangat menyenangkan untuk diakses setiap harinya, segala informasi dapat kita dapatkan dengan mudah dan dengan tampilan yang begitu banyak variasi. Hal seperti ini memungkinkan seseorang mengalami apa yang biasa disebut dengan sebuatan "Internet Addiction"
Apa itu Internet Addiction?


Internet addiction disorder (IAD) atau, lebih luas, terlalu sering menggunakan internet, penggunaan komputer bermasalah atau penggunaan komputer patologis. adalah penggunaan komputer yang berlebihan yang mengganggu kehidupan sehari-hari.

ketagihan internet ini dapat menggangu kegiatan seseorang, sebab kegiatan yang seharus nya dilakukan oleh seseorang akan menajdi terbengkalai dikarenakan seseorng yang terkena penyakit ketagihan internet ini akna menghabiskan banyak waktunya di depan layar komputer atau di tempat yang dapat meng akses internet dengan mudah.
adapun ciri-cirinya adalah :


1. Pola hidup harian terganggu. Jika seseorang memainkan game atau internet sepanjang malam dan baru beristirahat di siang hari, hal itu bisa jadi peringatan agar orang yang bersangkutan segera memperolah bantuan profesional kesehatan.


2. Jika kecanduan game atau internet itu berpotensi membuat pelakunya kehilangan pekerjaan atau berhenti sekolah agar bisa terus online untuk memainkan game digital.



3. Butuh kepuasan yang lebih tinggi. Pecandu game harus bermain semakin hari semakin lama agar bisa mencapai level kepuasan tersendiri dari game tersebut.



4. Sejumlah pecandu game dan internet menjadi mudah marah atau cemas ketika harus melepaskan aktivitas 'utamanya' itu, apalagi jika dipaksa untuk melakukannya.



5. Ketagihan. Pecandu game dan internet mengalami kondisi ketagihan atau selalu butuh memainkan game atau online internet ketika sedang jauh dari dunia digitalnya itu.




dan beberapa jenis kalsifikasi dalam kecanduan internet ini, yaitu :


1. Kecanduan cyber-sexual mencakup penggunaan web yang berorientasi seksual secara kompulsi.

2. Kecanduan cyber-reliationship dicirikan dengan keterlibatan yang berlebihan dalam hubungan secara online.
3. Kompulsi dalam jaringan,seperti judi,belanja,atau perdagangan secara online.
4. Kelebihan informasi,mencakup surfing web atau pencarian database.
5. Kecanduan computer yang mencakup keterlibatan secara impulsive dalam bermain game online.



Di Amerika Serikat, kecanduan game dan internet tidak termasuk dalam daftar resmi Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders. Ketika direvisi pun, American Psychiatric Association menyatakan bahwa 'Gangguan Penggunaan Internet (Internet Use Disorder) sebagai gangguan yang masih membutuhkan studi lanjutan.

namun kecanduan internet ini bisa di sembuhkan dengan berbagai treatment dan theraphy, seperti hal nya yang dilakukan oleh negara Korea Selatan.
Dr. Han Doug-Hyun dari Chung-Ang University Hospital di Seoul, ibukota Korsel. Laboratorium tempat Han bekerja mengobati orang-orang yang kecanduan game menggunakan teknik-teknik yang serupa dengan teknik yang dipakai untuk mengobati kecanduan alkohol, termasuk konseling dan terapi virtual-realita (virtual-reality therapy).


aturlah waktu dan kebutuhan yang kita hendaki saat menggunakan internet, sebab segala sesuatu yang berlebihan itu tidak ada yang baik, begitupun dengan internet.

maka pergunakanlah internet dengan sebaik dan sebijaksana mungkin.







http://en.wikipedia.org/wiki/Internet_addiction_disorder
http://sidomi.com/70046/apakah-anda-sudah-kecanduan-internet/
http://www.tipsh4re.com/2012/06/tips-mengurangi-kecanduan-internet.html
http://selir-impian.blogspot.com/2012/03/kecanduan-internet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar